School Info
Thursday, 02 Oct 2025
  • SELAMAT DATANG DI SEKOLAH CALON PEMIMPIN MASA DEPAN - PENDAFTARAN AS-SYIFA JALUR PRESTASI KLIK DISINI
  • SELAMAT DATANG DI SEKOLAH CALON PEMIMPIN MASA DEPAN - PENDAFTARAN AS-SYIFA JALUR PRESTASI KLIK DISINI
26 September 2025

MURID DAN ORGANISASI

Fri, 26 September 2025 Read 101x

MURID DAN ORGANISASI

Pendahuluan

Murid tidak hanya berfungsi sebagai penerima ilmu dalam proses pembelajaran, melainkan juga sebagai pribadi yang tengah berkembang menuju kedewasaan sosial, emosional, dan intelektual. Salah satu media yang efektif untuk membentuk karakter murid adalah organisasi. Melalui keikutsertaan dalam organisasi, murid dapat berlatih memimpin, bekerja sama, memikul tanggung jawab, serta mengasah keterampilan sosial yang tidak selalu diperoleh di dalam kelas. Artikel ini bertujuan menguraikan hubungan antara murid dan organisasi, manfaat organisasi bagi perkembangan murid, serta nilai-nilai yang sebaiknya dijunjung dalam kegiatan organisasi. Dengan aktif berorganisasi juga dapat mengantarkan murid menjadi Calon Pemimpin Yang Berakhlak, Hafiz dan Berprestasi.

Pembahasan

Konsep Murid dan Organisasi

Murid adalah peserta didik yang berada pada fase belajar, baik dalam lingkup sekolah maupun di luar sekolah. Sedangkan organisasi merupakan wadah sekelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama. Dengan aktif di organisasi, murid memiliki kesempatan untuk mengembangkan potensi di luar ranah akademik.

pemira 2

Peran Organisasi bagi Murid

Organisasi memberikan kontribusi penting dalam perkembangan diri murid, antara lain:

  • Melatih Kepemimpinan: Murid belajar membuat keputusan, mengelola kelompok, dan bertanggung jawab terhadap tugasnya.
  • Mengembangkan Keterampilan Sosial: Organisasi melatih cara berinteraksi, menghargai perbedaan pendapat, dan membangun kebersamaan.
  • Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab: Partisipasi dalam kegiatan organisasi membiasakan murid melaksanakan kewajiban tepat waktu.
  • Mendorong Kreativitas: Organisasi memberi ruang bagi murid untuk menyalurkan ide-ide inovatif dalam berbagai kegiatan.

Organisasi sebagai Sarana Pembentukan Karakter

Kegiatan organisasi bukan sekadar formalitas, melainkan juga wadah pendidikan karakter. Melalui organisasi, murid belajar disiplin, kejujuran, amanah, kerja sama, serta kepedulian sosial. Hal ini sejalan dengan tujuan pendidikan nasional yang menekankan pembentukan kepribadian yang berakhlak mulia.

pemira a2

Tantangan Murid dalam Berorganisasi

Walaupun organisasi memberi banyak manfaat, terdapat pula sejumlah kendala yang dihadapi murid, di antaranya:

  • Sulit membagi waktu antara kegiatan organisasi dan kewajiban akademik.
  • Munculnya konflik internal antaranggota.
  • Minimnya pemahaman tentang manajemen organisasi yang baik.

Oleh karena itu, bimbingan dari guru dan sekolah menjadi penting agar organisasi benar-benar berfungsi sebagai sarana pembinaan, bukan penghalang untuk berprestasi.

Nilai-Nilai yang Harus dimiliki

Murid yang aktif dalam organisasi harus mengutamakan nilai-nilai berikut:

  • Kejujuran: Menjauhkan diri dari manipulasi dan kebohongan.
  • Disiplin: Melaksanakan kewajiban dengan tepat waktu.
  • Kebersamaan: Mengutamakan kerja kolektif dari pada kepentingan pribadi.
  • Amanah: Menjalankan amanat organisasi dengan penuh tanggung jawab.

 

KESIMPULAN

Murid dan organisasi memiliki hubungan erat dalam proses pembinaan karakter dan pengembangan potensi diri. Organisasi tidak hanya menjadi wadah kegiatan, tetapi juga sarana pembelajaran non-formal yang melengkapi pendidikan akademik. Melalui organisasi, murid dapat mengasah kepemimpinan, tanggung jawab, kerja sama, serta nilai-nilai akhlak. Agar manfaat organisasi maksimal, pendidik perlu memberikan pengarahan sehingga organisasi murid dapat mendukung keberhasilan pendidikan baik akademis maupun non-akademis.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Al-Qur’an al-Karim.

Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryosubroto, B. (2010). Manajemen pendidikan di sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sardiman, A. M. (2012). Interaksi & motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wahjosumidjo. (2011). Kepemimpinan kepala sekolah: Tinjauan teoretik dan permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

 

Another Article

This article have

0 Comment

Leave a Comment

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Info Sekolah

SMPIT AS-SYIFA BOARDING SCHOOL WANAREJA

NPSN 69971522
Blk. Lw. Peuris RT/RW 07/02 Kelurahan Wanareja Kec. Subang Kabupaten Subang Jawa Barat 41211
PHONE 082245884525
EMAIL smpit-wanareja@assyifa-boardingschool.sch.id
WHATSAPP 082245884525