Readathon : Membaca, Bercerita, dan Menyimak

September 21, 2018 no comments admin Categories Uncategorized

اِقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِى خَلَقَ

“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang Menciptakan (QS. Al ‘Alaq : 1)

ABSWNews : Menyadari pentingnya menanamkan budaya literasi di era saat ini dan masa yang akan datang, Tim Wali Kelas bekerjasama dengan Perpustakaan SMPIT As-Syifa Boarding School Wanareja mengadakan sebuah program yang bernama Readathon.

Readathon ini diambil dari Bahasa Inggris : readathon yang artinya baca terus. Penggabungan kata dari Read (membaca) dan Marathon (maraton). Maksudnya adalah kegiatan membaca yang dilakukan secara terus menerus, kontinu/berkesinambungan atau istiqomah. Selain membaca kitab suci Al-Qur’an dan buku pelajaran, para murid diberikan kesempatan membaca berbagai buku fiksi maupun non fiksi melalui kegiatan tersebut.

Kegiatan Readhaton dilaksanakan setiap Kamis pagi sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dimulai, tepatnya pukul 07.00 – 07.30 WIB. Dibimbing oleh wali kelas masing-masing, para murid ini asyik membaca. Membaca buku apa saja yang penting sesuai dan tidak melanggar aturan sekolah. Ada juga murid-murid yang meminjam buku dari Perpustakaan sehari sebelumnya.

Tidak sekedar membaca, para murid yang berani menceritakan kembali secara ringkas isi buku yang dibacanya didaulat maju kedepan kelas. Murid lainnya mendengarkan temannya dan mencari hikmah dari yang  apa yang disampaikan. Para wali kelas memberikan penilaian kepada murid yang maju tersebut.

Tujuan kegiatan ini untuk menumbuhkan minat membaca, bercerita dan menyimak yang merupakan literasi dasar para murid di kelas. Ustadzah Siti Mardiah, S.Pd Wali kelas VII Fatimah menuturkan : “Program ini sangat bagus untuk menambah  minat baca murid, membaca itu menyenangkan “.

Dihubungi secara terpisah, Ustadz Irfan Lesmana selaku pustakawan mengaku senang dengan adanya kegiatan ini. “Perpustakaan siap meminjamkan buku-buku koleksi terbaiknya untuk mendukung kegiatan literasi tersebut. Tentu saja sesuai peraturan yang berlaku, kalau meminjam tentu wajib mengembalikan” .

Alhasil, setelah berjalan selama kurang lebih satu bulan, Kamis (20/09/2018) telah diumumkan para pemenang dari setiap kelasnya. Sebagai bentuk apresiasi dan motivasi bagi murid lainnya untuk semakin rajin dan aktif membaca, bercerita, dan menyimak.

Berikut daftar nama para pemenang :

Ikhwan :

7 Abu Bakar       : Fatir Naufal Muzakki

7 Umar               : M. Darrell Ghaisan

7 Ustman            : Najwan Muhammad Raihan

7 Ali                   : M. Rasyid Ridha

 

8 Abu Bakar       : M. Nasywaan Hafizh

8 Umar               : M. Nafi’an Rasyid Satrio

8 Ustman            : Ghiffari Haris Anugrah

8 Ali                   : Adzriel Shafaa Nur Yusuf

 

Akhwat :

7 Asiah               : Thalita

7 Maryam           : Andien Nayla Alfakhira Noor

7 Khodijah          : Andini

7 Fatimah            : Meysilla
Admin.

 

Segera dibuka pendaftaran online PMB As-Syifa (1 Oktober 2018)

Kunjungi Website : pmb.assyifa-boardingschool.sch.id

🔰 Call Centre (By Phone Only) :

📱 As-Syifa Jalancagak     : 0853-2010-0607,

📱 As-Syifa Wanareja        : 081-222-111-454

🔰 Chat Telegram Only      : 0853-2010-0607

🔰 FB                                 : PMB Assyifa

🔰 Instagram                      : pmb.assyifa